Manfaat Playground Untuk Perkembangan Anak

manfaat playground untuk anakPlayground : Mendukung Perkembangan Anak Secara Optimal

Playground atau taman bermain merupakan tempat yang biasa mereka kunjungi untuk menghabiskan waktu keluarga bersama buah hati. Tetapi, tahukah mama dan papa bahwa playground bukan sekedar untuk bermain atau bersenang-senang. Playground memiliki banyak manfaat penting untuk mendukung tumbuh kembang baik dari segi fisik, emosional, dan sosial.

baca artikel terkait : manfaat paud untuk anak 

Berikut manfaat playground untuk anak yang perlu orang tua ketahui.

1. Meningkatkan perkembangan motorik anak
Manfaat playground yang pertama adalah untuk membantu perkembangan sistem motorik anak. Bermain di playground akan membuat anak merasa senang dan banyak mempelajari hal-hal di sekitarnya seperti, berlari, melompat, bermain ayun, memanjat dan lain-lain. Aktivitas tesebut secara langsung berdampak positif untuk memperkuat otot anak, melatih konsentrasi, koordinasi dan keseimbangan anak. Dengan memaksimalkan aktivitas motorik anak lebih tumbuh sehat dan kuat secara jasmani dan rohani.

2. Meningkatkan kemampuan sosial dan emosional
Playground memberikan berbagai area permainan yang dapat meningkatkan komunikasi kepada teman sebaya. Anak-anak akan belajar untuk berinteraksi, belajar bekerja sama, berbagi dan mengasah imajinasinya dalam konteks bermain yang lain. Hal yang tidak kalah pentingnya dalam playground yakni menumbuhkan rasa sosial dan belajar mengontrol emosional anak, karena di tempat tersebut anak akan belajar memecahakan masalah, dan memahami aturan yang ada selama bermain di area playground.

3. Menumbuhkan kreatifitas dan imajinasi
Di playground dilengkapi dengan banyak elemen permainan yang bisa membantu menumbuhkan kreatifitas dan imajinasi anak. Dengan bermain peran, perosotan dan petualangan anak menjelajahi area bermain,dan belajar berfikir lebih kreatif. Permainan imajinatif tersebut juga akan membantu anak dalam perkembangan kognitif, karena mereka akan berfikir untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan dalam area bermain.

4. Meningkatkan kepercayaan diri pada anak
Ketika anak berhasil melewati tantangan di playground, seperti memanjat, prosotan yang tinggi dan meluncur secara tidak langsung akan menambah kepercayaan diri anak dan merasa bangga.Setiap pencapaiannya di playground memberikan rasa keberhasilan anak untuk memperkuat kemandirian dan keyakinan mereka, dengan begitu anak akan belajar menghadapi tantangan kedepan dengan rasa lebih percaya diri.

5. Meningkatkan ikatan keluarga
Di playground juga membarikan kesempatan bagi orang tua untuk saling mengenal dengan yang lain. Kegiatan bermain bersama ini akan mempererat ikatan emosional antara orang tua dan anak, dan memberikan waktu berkualitas untuk berbagi kebahagiaan dan saling komunikasi, selain itu orang tua bisa mengawasi perkembangan anak selama bermain di area playground.

itulah beberapa manfaat playground untuk perkembangan anak, playground memberikan manfaat yang besar bagi tumbuh kembang anak, oleh karena itu penting bagi orang tua untuk menganajak anak untuk bermain di playground agar mendapat manfaat yang lebih optimal.

Contact Us for more Information

Kontak informasi smartkidz