Mengenalkan calistung kepada anak

smartmoms… apa yang ada dipikiran ketika mendengar kata “calistung…?”

Calistung kepanjangan dari membaca, menulis dan berhitung, ialah komponen dasar yang penting bagi perkembangan anak usia dini. Dalam dunia pendidikan, calistung sendiri selalu menjadi pioner utama yang mendasar bagi anak-anak ketika memulai perjalanan belajar mereka. Ketrampilan calistung bukan hanya membantu dalam adaptasi anak bersekolah, tetapi bisa juga sebagai bekal untuk persiapan anak dimasa yang akan datang. Artikel kali ini akan membahas lebih tentang apa itu calistung, manfaat calistung untuk anak usia dini dan cara yang tepat untuk mengajarkannya.

manfaat calistung untuk anak

1. Apa itu Calistung…?

Calistung merupakan perpaduan dari 3 ketrampilan dasar diantaranya :
Membaca, proses mengenal huruf, kata hingga jika keduanya digabungkan makan akan membentuk suatu kalimat yang mengandung makna. Menulis, kemampuan anak untuk mengekspresikan dan mengeksplore pikiran sesuatu melalui tulisan.

Berhitung, kemampuan dasar yang dimiliki untuk mengaplikasikan konsep angka dalam ilmu matematika dasar.

Ketiga kemampuan tersebut sangat penting karena menjadi pondasi untuk memahami pelajaran yang lain di sekolah, jika anak menguasai ketrampilan tersebut maka akan lebih mudah mengikuti pelajaran lain yang lebih kompleks lagi dari segi bahasa, angka dan pengetahuan sains.

manfaat calistung untuk anak2. Manfaat calistung untuk anak usia dini.

beberapa penelitian tentang calistung sejak usia dini dapat memberi manfaat bagi perkembangan anak. Berikut merupakan ulasan mengenai manfaat calistung untuk anak usia dini:

1. Membangun pondasi pendidikan yang kuat: dengan dasar pondasi calistug yang baik maka anak-anak akan lebih siap untuk mempelajari materi yang lebih sulit di sekolah.

2. Meningkatkan kemandirian belajar: anak-anak yang sudah menguasai materi calistung dapat belajar secara mandiri, mereka sudah bisa membaca, menulis cerita, melakukan operasi perhitungan model matematika dasar tanpa ada ketergantungan dengan guru atau pengajar baik dilingkungan sekolah maupun tempat privat les.

3. Meningkatkan daya ingat anak: proses belajar membaca, menulis dan berhitung bermanfaat untuk daya ingat anak. Melalui calistung anak akan mudah dalam mengingat lebih fokus dalam berfikir secara rasional.

4. Kuat dalam Ketrampilan kognitif: calistung membantu anak meningkatkan berfikir secara kritis dan logis, anak-anak yang sudah mengusai calistung akan lebih mudah dalam memahami dan menyelesaikan masalah.

3. Cara efektif mengajarkan calistung kepada anak.

mengajarkan calistung kepada anak tidak boleh dilakukan dengan cara kaku atau membebani anak. Berikut adalah cara yang efektif mengajarkan calistung kepada anak:

1. Melalui permainan edukasi
anak-anak akan fokus jika mereka merasa nyaman dan senang, permainan yang mengajarkan membaca, menulis dan berhitung bisa menjadi salah satu cara yang bisa digunakan para orang tua dalam memperkenalkan calistung kepada anak tanpa merasa tertekan. contoh permainannya, menebak kata, merangkai puzzle angka dan permainan menyusun huruf.

2. Belajar melalui cerita
membacakan cerita pendek ke anak atau bercerita dapat meningkatkan minat anak untuk belajar membaca. Pemilihan buku-buku dan gambar yang menarik akan membuat anak semakin betah untuk belajar, setelah membacakan cerita pendek orang tua bisa mengajak anak untuk menceritakan ulang apa yang tadi sudah di baca, sehingga hal tersebut bisa melatih ketrampilan untuk melatih fokus dan daya ingat yang lebih kuat.

3. Gunakan media visual
anak-anak akan lebih mudah belajar dengan bantuan visual, misalnya buku bergambar, media video edukasi, alat untuk memperkenalkan huruf, angka dan kata.

Dari uraian diatas bisa disimpulkan bahwa calistung merupakan awal edukasi yang penting untuk petupuhan anak usia dini, Mempekenalkan calistung kepada anak tidak harus memakai cara yang kaku, bisa dengan cara yang menyenangkan dan tidak mengganggu aktivitas anak. Sebagai orang tua maupun guru, sangat penting untuk mendukung proses belajar calistung dengan sabar dan tekun. Dengan begitu anak-anak tidak hanya menguasai materi calistung, tetapi mencintai juga proses belajarnya.

smartmoms…adanya SMARTKIDZ sendiri bisa dijadikan sebagai media pembelajaran anak untuk memberikan edukasi pemahaman dan cara belajar calistung dengan baik dan benar, selain itu SMARTKIDZ juga memberikan beberapa materi edukasi seputar dunia anak usia dini untuk stimulus proses belajar mengajar yang nyaman dan tentunya tidak membosankan. Jika orang tua tertarik untuk mendaftarkan anaknya ke SMARTKIDZ, bisa dengan berkunjung ke kantor di Jl. Halim Perdana Kusuma No.AB No.53, RT.004/RW.001, Jurumudi Baru, Kec. Batuceper, Kota Tangerang, Banten 15124. Atau bisa juga dengan mengunjungi situs Web resmi kami di www.smartkidz.co.id

Contact Us for more Information

Kontak informasi smartkidz